Contoh Negara Oligarki Dan Sistem Pemerintahannya

 

Oligarki adalah struktur kekuasaan yang memungkinkan beberapa bisnis, keluarga, atau individu untuk memerintah suatu negara. Kekuatan mereka mengalir melalui hubungan mereka satu sama lain. Oligarki dapat hidup berdampingan dengan demokrasi, teokrasi, atau kerajaan. Kekayaan dan koneksi mereka memungkinkan mereka untuk mempengaruhi kebijakan publik di balik layar.

Dalam Oligarki, Kekuasaan yang terkonsentrasi dalam kelompok elit perusahaan, keluarga, atau individu. Oligarki dapat memegang kendali atas semua bentuk pemerintahan, bahkan demokrasi. Struktur kekuasaan seperti itu juga dapat mendominasi bisnis dan industri

Contoh Negara Oligarki

Berikut adalah negara-negara yang memiliki bukti paling banyak menganut sistem oligarki, dan alasannya.

Rusia

Untuk menjadi kaya di Rusia, Anda harus memiliki kontak di dalam pemerintahan. Jika Anda tidak mempertahankan kontak ini, Anda bisa kehilangan kekuasaan dan kekayaan. Alhasil, banyak miliarder Rusia yang membeli aset di negara lain. Di sana, aturan hukum melindungi properti mereka.

Hubungan erat antara miliarder dan pemerintah bekerja dua arah. Oligarch memiliki pengaruh besar dalam politik Rusia.

Klub eksklusif saat ini termasuk Igor Sechin, kepala Rosneft, perusahaan minyak negara. Saingan utamanya adalah Gennady Timchenko, mantan kepala perusahaan perdagangan minyak terbesar di negara itu. Sepertiga adalah Roman Abramovich, pemilik Klub Sepak Bola Chelsea dan perusahaan investasi Millhouse

Pada Januari 2018, Departemen Keuangan AS merilis daftar 200 oligarki Rusia. Di dalamnya termasuk kaisar energi Vladimir Bogdanov dan Oleg Deripaska. Mereka masing-masing diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 1 miliar atau lebih.

Oligarki Rusia tidak banyak berubah sejak tahun 1400-an karena ia berhasil. Ini beroperasi terlepas dari apakah komunis atau kapitalis menjalankan negara.

Sistem oligarki Rusia dimulai sejak abad ke-10. Bangsawan abad pertengahan adalah penasihat pangeran. Pada abad ke-13 dan ke-14, mereka adalah pemilik tanah kaya yang menasihati para pangeran. Dari abad ke-15 hingga ke-17, para bangsawan Muscovy memerintah negara itu bersama sang tsar. Pada abad ke-18, Tsar Peter the Great menghapus gelar boyar.

Sistem oligarki muncul kembali pada 1990-an dengan pecahnya Uni Soviet.Mereka menjadi kaya melalui koneksi mereka dengan pemerintah. Mereka diuntungkan ketika pemerintah memprivatisasi bisnis milik negara. Mereka juga mendanai presiden pasca-Soviet pertama, Boris Yeltsin. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.

Cina

Sebuah oligarki menguasai Cina setelah kematian Mao Tse-Tung. Itu adalah 103 anggota keluarga yang diturunkan dari “Delapan Dewa,” menurut penelitian yang dilakukan oleh Bloomberg News. Mereka mengelola sebagian besar perusahaan milik negara, berkolaborasi dalam kesepakatan bisnis, dan bahkan kawin campur. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.

Arab Saudi

Keluarga Kerajaan adalah oligarki karena tidak dijalankan oleh satu orang pun. Raja yang berkuasa harus berbagi kekuasaannya dengan keturunan pendiri negara. Itu adalah Raja Abd al-Aziz al-Sa’ud, yang meninggalkan 44 putra dan 17 istri

Raja saat ini, Salman bin Abdulaziz, menunjuk putranya di posisi kunci untuk mengkonsolidasikan kekuasaan. Pangeran Mohammed bin Salman menjadi menteri pertahanan dan diberikan pengawasan atas monopoli minyak negara, Saudi Aramco.Pada tahun 2015, keduanya mengubah banyak kebijakan yang telah lama ada.

Mereka terlibat dalam perang proxy melawan Iran di Yaman. Mereka mengisyaratkan bahwa mereka mungkin mengirim pasukan ke Suriah untuk memerangi kehadiran Rusia.

Mereka membiarkan harga minyak turun di bawah lantai Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) $ 70. Mereka ingin membuat produsen minyak serpih AS gulung tikar. Mereka juga ingin mencegah musuh bebuyutan Iran mengambil keuntungan dari perjanjian perdamaian nuklir.

Mereka menindak para pembangkang untuk mencegah terorisme ISIS lebih lanjut.

Tim ini mengecewakan oligarki. Pengganti Raja Salman adalah Putra Mahkota Mohammed bin Nayef. Pada 2017, raja menggantikannya dengan pangeran sebagai Putra Mahkota dan penerus takhta. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.

Iran

Sebuah oligarki ulama Islam, kerabat, dan rekan bisnis menjalankan negara. Mereka mengambil alih kekuasaan setelah kematian Ayatollah Ruhollah Khomeini. Dia memimpin revolusi 1979 yang menggulingkan Shah Pahlavi

Khomeini tidak mengizinkan keluarganya untuk memerintah. Tapi penggantinya melakukannya. Ayatollah Ali Khamenei menempatkan teman dan keluarganya pada posisi pemerintahan. Presiden terpilih berutang posisinya kepada para oligarki ini. Lima bersaudara Larijani adalah teman dan kerabat Khamenei dan sekutunya. Mereka telah menjadi kepala banyak pos penting pemerintahan.

Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah sebuah oligarki di abad ke-20. Ini dijalankan oleh keturunan Kaukasia dari pemukim Belanda yang merupakan 20% dari populasi. Itu berakhir dengan terpilihnya Nelson Mandela sebagai presiden kulit hitam pertama pada tahun 1994. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.

Turki

Keluarga Koc adalah salah satu keluarga terkaya di negara itu. Koc Holding memiliki bisnis di penyulingan minyak, perbankan, manufaktur mobil, dan elektronik. Pada tahun 2005, ia membeli bisnis penyulingan minyak Tupras dari pemerintah senilai $ 4 miliar. Tupras memegang posisi dominan di pasar bahan bakar Eropa. Pemerintah mengizinkan Koc menetapkan harga bahan bakar asalkan memasok Turki sebelum negara lain.

Investor asing belajar untuk bekerja dengan perusahaan keluarga Koc atau Sabanci. Mereka bersekutu erat dengan partai AKP yang berkuasa. Dinasti ini didirikan oleh Vehbi Koc pada tahun 1920-an. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.

Amerika Serikat

Sebuah studi oleh ilmuwan politik Martin Gilens dari Princeton dan Benjamin Page dari Northwestern menemukan bahwa kebijakan yang disukai oleh 10% orang terkaya di Amerika lebih sering lulus daripada yang 50% termiskin . Jika mereka menentang suatu kebijakan, kemungkinan besar kebijakan tersebut tidak akan lulus. Tidak peduli berapa banyak kelas menengah Amerika yang menyukainya

Beberapa orang menunjukkan bahwa contoh oligarki Amerika adalah Koch bersaudara.

Koch bersaudara memengaruhi pemilihan dengan menyumbangkan dana kepada Partai Republik dan Libertarian. Mereka mendukung lebih sedikit intervensi pemerintah, yang bagi mereka mencakup perbatasan terbuka dan perdagangan bebas. Yayasan Keluarga Koch menyumbang ke kelompok advokasi konservatif. Mereka mendukung Tea Party dan ingin mencabut Obamacare. Mereka tidak mendukung pencalonan Donald Trump karena mereka menentang proteksionisme. Mereka memang mendukung Wakil Presiden Mike Pence.

Koch bersaudara juga menentang pajak baru. Akibatnya, mereka menentang rencana baru untuk membangun angkutan massal. Tapi mereka mendukung pajak yang mendanai jalan dan jembatan baru. Mungkin karena kekayaan bersih Charles dan David Koch sebesar $ 100 miliar diperoleh melalui turunan minyak

Ada yang mengatakan Silicon Valley menciptakan kelas baru oligarki Amerika.

Mark Zuckerberg adalah salah satu pendiri kelompok advokasi baru, FWD.us. Dewannya terdiri dari para pemimpin teknologi seperti pendiri Microsoft Bill Gates, CEO Dropbox Drew Houston, dan beberapa investor Silicon Valley. Tujuannya adalah untuk mendorong “reformasi imigrasi komprehensif” yang akan memungkinkan tenaga kerja imigran yang lebih murah. Ini adalah salah satu contoh negara Oligarki yang paling terkenal.