Jenis-Jenis Oligarki Yang Berbeda

Oligarki berasal dari kata Yunani “oligarkhía” yang berarti aturan dari sedikit orang. Ini adalah bentuk pemerintahan di mana struktur kekuasaan dipegang oleh beberapa bisnis, keluarga, dan individu dan dapat disembunyikan di bawah kedok demokrasi.

Plato pernah menggambarkan oligarki sebagai “sebuah konstitusi yang penuh dengan banyak penyakit,” salah satunya adalah keserakahan. Tujuan utama oligarki adalah mengumpulkan dan menjaga kekayaan pribadi mereka. Saat ini, oligarki mengarahkan politik untuk keuntungan mereka dengan mendanai lembaga tertentu, pelobi, dan politisi.

Jenis-Jenis Oligarki

Berikut adalah contoh Jenis-jenis Oligarki dalam bentuk yang berbeda :

Aristokrasi

Ini adalah pemerintahan yang dipimpin oleh kelas kecil yang memiliki hak istimewa, seringkali terdiri dari bangsawan turun-temurun. Dalam banyak kasus, karena kekayaan, kecerdasan, atau pangkat mereka, orang-orang ini dianggap lebih tinggi dari orang lain.

Dalam aristokrasi, pemimpin ditempatkan pada kekuasaan karena diyakini bahwa mereka adalah orang-orang terbaik yang memenuhi syarat untuk memimpin, terutama karena karakteristik tertentu yang mereka miliki. Kata aristokrasi berasal dari kata Yunani aristos, yang berarti “terbaik”. Sinonim untuk aristokrasi mencakup kata-kata seperti lapisan atas, bangsawan, elit, dan bangsawan. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Otokrasi (Kediktatoran)

Ada dua bentuk utama otokrasi, kediktatoran, dan monarki. Dalam otokrasi, kekuatan utama ada di tangan satu orang, dan orang itu tidak terikat pada standar hukum apa pun, yang berarti mereka dapat lolos dengan apa pun. Nazi Jerman adalah contoh sempurna dari otokrasi. Sayangnya, dalam jenis pemerintahan ini, satu-satunya pilihan yang tersedia adalah pemberontakan massal melalui kudeta. Tidak ada pilihan bagi kebanyakan warga negara untuk mengubah iklim politik dan pemerintahan. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

 

Band Society Oligarchy

Ini melibatkan pemerintah yang diatur oleh unit yang sangat kecil, biasanya unit keluarga. Hirarkinya semiformal dan menyerupai kawanan pada hewan tertentu, termasuk serigala, dari sanalah istilah itu berasal.

Dalam jenis oligarki ini, semua kekuasaan ada di tangan segelintir orang, dan biasanya “sedikit” adalah anggota keluarga, meskipun ini tidak berarti bahwa anggota keluarga di generasi mendatang secara otomatis akan mewarisi kekuatan ini. Segera setelah Uni Soviet jatuh, itu menjadi oligarki karena sekelompok kecil miliarder mendominasi semua kekuatan politik dan kekayaan.

Perkumpulan ini biasanya memiliki badan legislatif kecil dan stabil secara politik. Keuntungannya termasuk bahwa individualisme didorong, keamanan ditingkatkan, dan dapat beradaptasi dengan perubahan; sementara kerugiannya dapat mencakup ketidakteraturan, ancaman dari sumber eksternal, dan masyarakat yang lebih tertutup. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Etnokrasi

Etnokrasi didefinisikan sebagai “dikuasai oleh kelompok etnis.” Jenis rezim politik ini menggunakan sekelompok orang yang dominan untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan sumber daya. Ini pada dasarnya adalah aturan oleh kelompok etnis tertentu, kadang-kadang mayoritas, meskipun ini tidak selalu benar dalam semua kasus.

Faktanya, etnokrasi seringkali melibatkan kekuasaan oleh mereka yang bukan mayoritas. Contoh negara yang mempraktikkan etnokrasi termasuk Israel, Serbia, Sri Lanka, dan Cypress, belum lagi Afrika Selatan, yang mungkin merupakan etnokrasi paling terkenal dari semuanya. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Geniokrasi

Dengan fokus pada pemecahan masalah dan kecerdasan kreatif, Geniocracy pada dasarnya adalah pemerintahan yang dijalankan oleh para jenius. Belas kasihan dan kecerdasan adalah dua karakteristik utama orang yang bertanggung jawab atas negara-negara jenis ini, dan kedua faktor ini dianggap lebih penting daripada faktor lain, termasuk pendidikan, signifikansi keluarga, atau aturan mayoritas.

Jika Tesla dan Einstein membentuk pemerintahan, itu akan disebut Geniokrasi karena kecerdasan kedua orang ini. Negara-negara modern yang mempraktikkan Geniokrasi termasuk Kanada, Jerman, dan Honduras, meskipun secara resmi dan teknis, Geniokrasi menggambarkan jenis pemerintahan hipotetis. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Gerontokrasi

Bentuk gerontokrasi modern telah ada sejak tahun 1800-an, dan melibatkan aturan oleh orang tua. Setiap kali Anda memiliki dewan orang tua yang memerintah atau mengatur masyarakat tertentu, itu bisa disebut gerontokrasi. Yunani kuno mungkin adalah contoh terbesar dan paling terkenal dari jenis pemerintahan ini karena orang Yunani kuno benar-benar percaya pada bentuk oligarki ini.

Gerontokrasi mempengaruhi keadaan suatu bangsa dan bahkan kondisi sosial ekonomi di negara tersebut. Gerontokrasi adalah bentuk pemerintahan yang dipraktikkan di negara-negara seperti Kota Vatikan, Hongaria, Irlandia, Iran, dan Kuba. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Kritarchy

Kritarchy adalah aturan rakyat oleh hakim. Juga disebut dikastokrasi, aslinya mengacu pada sistem pemerintahan yang ada di Israel kuno dan terdiri dari hakim, meskipun masih ada bentuk pemerintahan jenis ini yang ada sampai sekarang.

Hukum di kritarchy adalah hukum adat, bukan hukum, dan Somalia adalah contoh sempurna saat ini. Kata tersebut berasal dari kata Yunani Krites, yang berarti “hakim”. Contoh lain termasuk negara-negara seperti Iran, Albania, Kenya, Rumania, dan Vietnam. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Netokrasi

Seorang netokrasi memiliki asal yang menarik. Itu bermula ketika para paus Katolik menugaskan putra tidak sah mereka, yang mereka sebut keponakan, ke posisi kekuasaan dalam pemerintahan. Mereka melakukan ini agar gereja dapat terus memiliki kekuatan tertinggi dan memiliki tanah yang oleh karena itu disimpan dalam kepemilikan gereja. Amerika Selatan adalah contoh negara yang pernah menggunakan jenis oligarki ini. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Oligarki (Standar)

Jika sekelompok kecil mengambil alih kekuasaan suatu negara, itu dikenal sebagai oligarki. Seringkali, pemerintah ini korup dan egois, karena pemimpin bertugas untuk menguntungkan dirinya sendiri dan membuat kehidupannya dan keluarganya lebih baik. AS, Kuba, Korea Utara, Cina, dan Afrika Selatan adalah contoh negara yang sekarang mempraktikkan oligarki. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Plutokrasi

Plutokrasi adalah negara yang pemerintahannya dilakukan oleh orang kaya. Dengan kata lain, orang itu hanya berkuasa karena dia kaya. Contoh plutokrasi antara lain Yunani, Roma, Jepang, Tunisia, dan lain-lain.

Istilah “plutokrasi” pertama kali digunakan pada pertengahan tahun 1600-an dan didefinisikan sebagai warga negara yang dikendalikan oleh warga negara terkaya, yang hampir selalu merupakan minoritas. Plutokrasi tidak didasarkan pada filosofi politik tertentu, karena itu hanya mengacu pada pemerintahan oleh orang yang sangat kaya. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Sortition

Jenis oligarki ini melibatkan undian atau jatah untuk memilih siapa yang akan memerintah, meskipun definisi zaman modernnya adalah pemilihan kelas penguasa dengan memilih orang secara acak dari kumpulan orang yang lebih besar. Ini juga disebut demarki atau penjatahan, dan pemimpin dipilih dari sampel acak dari sekelompok besar kandidat.

Bentuk oligarki ini sangat umum di Athena kuno, karena sebagian besar pejabat politiknya dipilih dengan cara ini. Saat itu, penggunaan kata ini merupakan bagian penting dari demokrasi. Contoh oligarki jenis ini termasuk Athena, Swiss, dan Italia. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Teknokrasi

Ini adalah jenis pemerintahan di mana para penguasanya adalah orang-orang dengan keahlian teknis atau elit dan memiliki banyak pengetahuan teknis dan ilmiah. Dengan kata lain, penguasa yang mengatur masyarakat mereka adalah mereka yang memiliki keahlian teknis, biasanya ilmuwan dan pakar teknis lainnya. Pengaruhnya terasa di semua aspek pemerintahan, dari ekonomi hingga masalah sosial. Negara-negara yang beroperasi di bawah jenis aturan ini antara lain Kanada, Jerman, Yunani, dan Rusia. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.

Teokrasi

Dalam teokrasi, ketuhanan tertentu adalah tempat semua otoritas berasal, jadi biasanya para pemimpin agama yang ditempatkan pada posisi otoritas. Jenis pemerintahan ini biasanya diatur dengan salah satu dari dua cara – melalui hierarki agama, atau melalui dua cabang pemerintahan yang terpisah, yang mencakup baik anggota klerus maupun administrator pemerintahan.

Teokrasi tidak sama dengan theonomy, karena yang terakhir adalah bentuk pemerintahan yang secara khusus didasarkan pada hukum ketuhanan. Dalam sebuah teokrasi, para pemimpinnya tidak mengaku sebagai nabi, tetapi hanya ingin melihat hukumnya berdasarkan prinsip agama. Ini adalah salah satu jenis Oligarki yang ada di dunia.