Siklus Komplet Daur Hidup Nyamuk dengan Gambarnya

Siklus Komplet Daur Hidup Nyamuk dengan Gambarnya

Siklus Komplet Daur Hidup Nyamuk dengan GambarnyaAnda tentu tidak asing dengan tipe serangga yang satu ini. Nyamuk menjadi satu diantara tipe hewan dengan proses daur hidup yang sempurna. Daur hidup nyamuk itu ada 4 tahapan, yaitu telur, larva, pupa, sampai nyamuk dewasa. Proses daur hidup ini diawali sesudah nyamuk jantan mengawini nyamuk betina, selanjutnya mereka akan selekasnya cari darah untuk memberikan nutrisi telurnya.
Secara umum, nyamuk memakan waktu 3-4 hari sesudah mengisap darah hingga kemudian telur itu tercipta. Nach, berikut akan saya tunjukkan babak komplet dari posisi siklus daur hidup nyamuk dimulai dari telur sampai jadi nyamuk biasa.
Telur
Telur ialah posisi siklus daur hidup nyamuk yang pertama. Nyamuk betina bisa bertelur sampai 100-300 butir dalam 1x pembuahan. Hal itu bergantung dari tipe spesies nyamuk.

Secara umum beberapa induk nyamuk akan cari tempat atau lingkungan yang lembab seperti genangan air. Nyamuk induk memakai sensor yang berada di bawah perutnya untuk menghitung temperatur dan lembapan yang pas buat mereka singgahi. Selanjutnya mereka akan mendekami telurnya sampai menetas jadi larva.

Larva

Istilah jentik nyamuk kemungkinan lebih terkenal dibanding Larva. Larva ialah posisi siklus seterusnya pada daur hidup nyamuk. Pada siklus ini nyamuk bisa ganti kulit sekitar 4 kali yang umum disebutkan dengan istilah instar satu, instar dua, dan instar 3.

Penggantian kulit telur nyamuk akan dituruti dengan peralihan ukuran nyamuk sebelumnya terakhir mereka masuk di periode peralihan pupa. Siklus inkubasi ini berjalan sekitaran 5-10 hari tergantung pada makanan, temperatur lingkungan atau tempat mereka bertelur, dan kedatangan predator lain.

Wujud dan beberapa ciri larva akan berbeda keduanya, sesuai spesiesnya masing-masing. Sebagai contoh wujud larva nyamuk dari spesies Culex yang mempunyai wujud seperti pipa (siphon) langsing dan ada bulu-bulu lembut di sekitar larva yang tidak beraturan. Disamping itu larva tipe ini menggantung di tanaman air. Berlainan dengan larva nyamuk dari spesies Anopheles yang tidak mempunyai sphon.

Pupa

Posisi siklus daur hidup nyamuk sesudah larva ialah pupa. Siklus ini ialah waktu istirahat atau dapat disebutkan babak interval untuk nyamuk saat sebelum beralih menjadi nyamuk dewasa. Sama seperti seperti kupu-kupu saat masih jadi kepompong, nyamuk dalam pupa pun tidak memerlukan minum atau makanan.

Supaya masih tetap bertahan hidup, pupa akan munculkan dua antena ke permukaan. Antena ini berperan untuk pernafasan nyamuk dalam pupa. Pada siklus ini, pupa benar-benar rawan alami kebocoran. Itu tadi penyebabnya pada siklus ini juga peluang banyak larva nyamuk yang tidak berhasil jadi nyamuk dewasa.

Nyamuk Dewasa

Bila organ badan nyamuk seperti kaki, perut, dada, sayap, antena, mata, dan belalai tercipta dengan prima, karena itu nyamuk siap untuk terbang. Sesudah jadi Nyamuk Dewasa, biasanya mereka akan istirahat sesaat di atas air untuk keringkan badan supaya bisa terbang.

Umumnya nyamuk jantan semakin lebih dahulu keluar pupa dibanding nyamuk betina. Ini ialah siklus paling akhir hingga kemudian nyamuk-nyamuk saat ini akan balik berproduksi dan mengulang siklus daur hidup mereka.
Nach, itu tadi keterangan berkenaan posisi siklus daur hidup nyamuk. Sebagai serangga yang sangat membahayakan, Anda harus waspada dan terus jaga kebersihan sekitar lingkungan Anda. Serangga ini banyak memiliki spesies dan banyak juga yang beresiko bila nyamuk itu menggigit Anda. Gigitan nyamuk berikut yang bisa mengakibatkan demam berdarah. Nyamuk gampang hidup dan berkemang biak di sekitar lingkungan Anda. jadi yakinkan kubangan air di lingkungan Anda steril dari jentik-jentik nyamuk.

Leave a Comment