Oligarki adalah Kelompok Minoritas dalam Sebuah Negara yang Umumnya Memiliki Kekuasaan Ekonomi

Oligarki adalah mekanisme pemerintah di mana barisan yang mempunyai kekuasaan ekonomi berperanan besar dan kuasai politik negara.

Apakah itu Oligarchy?

oligarki adalah kelompok minoritas dalam sebuah negara yang umumnya memiliki Kekuasaan ekonomi
oligarki adalah kelompok minoritas dalam sebuah negara yang umumnya memiliki Kekuasaan ekonomi

Oligarchy merujuk pada mekanisme pemerintah yang diperintah oleh satu kelompok kecil orang, baik elit sosial, bangsawan kaya, bangsawan agama dan bela diri, dll. Dengan begitu, mekanisme yang berkuasa ini benar-benar terbatas karena mereka tidak sebagai wakil warga umum. Dalam kata lain, ini mengarah pada ketentuan minoritas yang mengontrol semua masalah satu negara atau negara.

Karena itu, kekuasaan kedaulatan negara atau negara ada di bawah satu kelompok kecil orang yang umumnya terbagi dalam orang kaya, elit, pemilik tanah, bangsawan, bangsawan, perwira militer berpangkat tinggi, akademiki populer, orang filsuf, atau beragama. Disamping itu, ketentuan mereka umumnya dilanjutkan lewat peninggalan; tetapi, peninggalan tidak selamanya diakui dalam soal ini.

Istilah oligarki datang dari kata Yunani Oligarkhia, yang memiliki arti ‘untuk memerintah dengan beberapa’. Oleh karenanya, dengan singkat, oligarki memiliki arti ketentuan atau pemerintah oleh sedikit orang yang mempunyai hak istimewa. Disamping itu, Aristoteles memakai istilah ini untuk menerangkan ketentuan minoritas, khususnya saat bukan oleh penguasa yang bagus yang memerintah secara tidak adil.

Disamping itu, oligarki kerap dipandang tiran karena mereka meremehkan penilaian khalayak dan lakukan penganiayaan pada khalayak sesuai kemauan barisan penguasa minoritas ini. Mereka memerintah dengan jadwal mereka disanggupi secara tidak langsung atau langsung.

Contoh oligarki sekarang ini misalkan ialah di Rusia, di mana sesudah robohnya Uni Sovyet, ada kelompok pebisnis yang kuasai beberapa perusahaan besar. Beberapa pebisnis kaya dan punya pengaruh ini disebutkan dengan “oligarch”, yang mempunyai peranan besar dalam ekonomi dan politik di Rusia.

Mekanisme pemerintah lain ialah:

Demokrasi ialah mekanisme pemerintah yang kekuasaannya datang dari rakyat, dan dilaksanakan oleh untuk rakyat dan rakyat. Demokrasi bisa dilaksanakan dengan demokrasi langsung oleh semua masyarakat, atau demokrasi tidak langsung lewat perwakilan.
Otokrasi ialah mekanisme pemerintah di mana kemampuan politik paling tinggi ada di tangan satu orang.
Aristokrasi ialah wujud pemerintah di mana beberapa masyarakat elit berkuasa, umumnya dari kelompok bangsawan. Aristokrasi dan oligarki ini berlainan dengan demokrasi, di mana semua masyarakat negara bisa memiliki hak ada di pemerintah.
Theokrasi ialah satu wujud pemerintah di mana beberapa pimpinan agama bertindak selaku memerintah negara dan pimpinan.

Contoh-contoh negara yang di mana mengaplikasikan oligarki ialah :

Uni Soviet : Uni Soviet pada periode pemerintah Joseph Stalin selanjutnya hanya anggota dibanding Partai Komunis hanya itu yang bakal memberikan dukungan birokatisasi dari Stalin yang yang hanya akan memperoleh kedudukan dari sebuah pemerintah, jika terjadi sebuah perlawanan karena itu orang itu akan dikucilkan atau mau dibunuh secara kejam
Aparteid Afrika Selatan : Terjadi sebuah penerapan pemerintah yang di mana dipegang oleh orang kulit putih dan memerintah rakyat kulit hitam yang di mana berbuntut ke rasisme.

Apakah itu Plutokrasi?

Plutokrasi merujuk pada mekanisme pemerintah yang diperintah oleh satu kelompok orang yang mempunyai penghasilan besar dan kekayaan. Karena itu, jadi kaya ialah keperluan khusus menjadi sisi dari kelas penguasa minoritas ini dalam mekanisme pemerintah ini.

Istilah plutokrasi datang dari kata Yunani Ploutokratia maknanya ketentuan kekayaan. Karena itu, plutokrasi memiliki arti ketentuan atau perintah oleh kelas kaya. Dalam kata lain, sumber kemampuan yang atur kelas penguasa ini ialah penghasilan atau kekayaan mereka yang besar.

Demikian pula, minoritas penguasa yang kaya ini akan memerintah warga umum secara akan tingkatkan kekayaan mereka dalam perlakuan tidak langsung atau langsung. Mengakibatkan, ada ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang kronis untuk warga umum berbentuk pemerintah ini.

Disamping itu, sekarang ini, istilah ini terkadang dipakai dalam makna merendahkan untuk mengarah pada warga yang berakar pada kapitalisme perusahaan-negara yang mengutamakan penumpukan kekayaan dibanding kebutuhan lain.

Kemiripan Di antara Oligarki dan Plutokrasi

Baik Oligarki dan Plutokrasi ialah mekanisme pemerintah yang dikontrol dan terkuasai oleh golongan minoritas.
Tetapi, ke-2 nya tidak janjikan mekanisme hukum untuk warga umum.
Ketidaksamaan Di antara Oligarki dan Plutokrasi

Pengertian

Oligarchy merujuk pada mekanisme pemerintah yang dikontrol dan diperintah oleh satu kelompok kecil beberapa orang spesial sedang plutokrasi merujuk pada mekanisme pemerintah yang dikontrol dan diperintah oleh minoritas kaya. Ke-2 pengertian ini menerangkan ketidaksamaan di antara plutokrasi dan oligarki.

Partai yang berkuasa

Partai yang berkuasa ialah ketidaksamaan khusus di antara plutokrasi dan oligarki. Partai yang berkuasa dalam sebuah oligarki bisa terbagi dalam bangsawan, beberapa orang beragama, elit, akademiki, filsuf, petinggi militer, beberapa orang kaya, dll. Sedang partai yang berkuasa berbentuk pemerintah plutokrasi hanya beberapa orang kaya.

Misalnya
Contoh-contoh oligarki dalam riwayat dunia ialah pemerintah Sparta Kuno dan pemerintah Vatikan sementara contoh-contoh plutokrasi dalam riwayat dunia ialah Kekaisaran Romawi dan republik Pedagang Venesia.

Ringkasan

Oligarki dan plutokrasi ialah dua wujud bentuk pemerintah yang diperintah oleh barisan minoritas. Tetapi, partai-partai yang berkuasa dalam dua wujud pemerintah ini berbeda. Oleh karenanya, oligarki ialah ketentuan oleh minoritas yang diistimewakan sedang plutokrasi ialah ketentuan oleh minoritas kaya. terdapat keuntungan dan kerugian oligarki Dengan begitu, plutokrasi sebagai wujud oligarki. Berikut ketidaksamaan di antara plutokrasi dan oligarki.

Leave a Comment